Minggu, 09 Desember 2012

Belajar Dari Ikan


Akhir-akhir ini aku senang melihara ikan cupang, bukan untuk diadu. Ikannya untuk hiasan sekaligus untuk belajar membudidayakannya. Kan kasian kalau kita melihara, tapi gak kita kawinkan. Kita saja sering takut mati jika belum nikah. Jadi biar ikannya tidak menyesal hidup maka perlu kita kawinkan.

Ternyata, proses mengawinkan ikan cupang sedikit mirip dengan proses mengawinkan manusia. Pertama ikan harus saling kenal dahulu (lebih baik tidak sekolam, yang penting sudah pernah lihat-lihatan), lama kenalannya 1-2 hari, menunggu yang pria mengeluarkan gelembung yang banyak. Gelembung tersebut akan dipakai untuk menempatkan telur. Lalu hari berikutnya (saat gelembung sudah banyak) ikan wanita dicampur di tempat ikan pria. Di hari itu ikan akan kawin, perkawinannya mesra banget loh, ada adegan sang wanita digendong sang pria. Setelah perkawinan, sang pria akan menjaga telurnya bahkan sang wanita saja tidak boleh mendekat.

Yang membuatku kagum adalah saat perkenalan, karena sang pria harus menyiapkan gelembung untuk calon telur-telurnya. Pelajaran yang kudapat dari ikan tersebut adalah sebelum nikah harus menyiapkan keperluan buat nikah dan setelah nikah. Jadi gak hanya modal cinta dan tampang doang buat nikah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design