Selasa, 31 Juli 2012

Pengemis

"Kebanyakan Kyai sekarang ini lebih senang menerima dari pada memberi. Padahal orang yang suka menerima adalah pengemis. heheehe (tertawa ringan) untung saya bukan Kyai" kalimat ini muncul dari pengeras suara di tempat pengajian.

Kesadaranku yang sebelumnya hanya 20%, langsung menjadi 1000% saat mendengar kalimat tersebut. Aku merasa jantungku ditusuk-tusuk linggis karena mendengar kalimat tersebut. Meskipun aku bukan seorang Kyai. Aku tersindir karena selama ini aku lebih suka diberi daripada memberi. Sampai-sampai aku waktu masih sekolah punya prinsip "Dimana ada barang gratis, aku harus ada di situ. Kalau nggak, aku bakal menyesal".

Sampai sekarang pun aku masih sering begitu. Apalagi saat mendengar prinsipnya anak Punk "Selama bisa membuat sendiri, kenapa harus beli?". Meskipun aku bukan anak Punk, aku sedikit menerapkannya dalam kehidupanku. Bermacam-macam tanggapan pun pernah aku dengar, ada yang bilang "kreatif", ada juga yang bilang "tidak modal", bahkan tak jarang aku dibilang "pelit". Terserah orang bilang aku gak modal, yang penting aku tidak bikin masalah dengan orang lain.

Setelah mendengar kalimat di pengajian tersebut, aku harus banting prinsip. Boleh menerapkan prinsip anak Punk tapi tidak boleh meminta, dan kalau diberi seseorang tidak boleh senang tapi menghargai.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design