Selasa, 05 Juni 2012

Tidak Lucu Karena di Luar Kotak

Pasuruan, 03 juni 2012 setela adzan isyak. Aku berjalan agak santai menuju Masjid di kampungku untuk mengikuti sholat isyak berjama'ah. Aku berjalan santai karena tahu kalau pak Kyai-nya sedang tidakk ada, bukan karena aku bisa meramal atau bisa menggunakan ilmu gaib lainnya. Tapi, karena waktu sholat maghrib tadi pak Kyai-nya memang tidak ada, dan ayahku menggantikan pak Kyai-nya untuk mengimami di Masjid.

Perjalanan ke masjid aman-aman saja, tidak seperti biasanya banyak anak cewek-cewek yang menggodaku dengan cara menyentuh tubuhku biar wudhuhku batal. Dan sampailah aku di depan rumah Emak (nenek dari Ayah) yang memang berada di jalan menuju Masjid. Di depan rumah tetangganya Emak, ada gerombolan anak kecil. Saat satu anak sedang bercanda menirukan gaya seorang yang sedang marah. Entah karena mereka habis dimarahin atau yang lainya, aku tak tahu dan tidak mau tahu. Sementara yang lainnya memperhatikan anak yang berpura-pura marah dan tertawa dengan cerianya.

Aku yang melihat mereka, menilai yang mereka lakukan adalah hal yang tidak lucu dan bertanya-tanya kenapa mereka semua tertawa?. Tapi, tidak lama kemudian aku menyadari kalau aku tidak akan pernah bisa mengerti sebelum aku sendiri ikut bergabung dengan mereka.

***
Di bawah ini juga ada cerita sejenis.
***

Aku ingat betul hari-hari terakhir Jack berada di Kost. Hidupnya  galau, entah apa alasannya aku tidak berhasil mendapatkan jawabannya dari dia. Sudah sering aku bertanya pada dirinya, tapi tetap saja dia bersikukuh mengaku kalau dia tidak galau. Padaal aku dan Faex berpendapat kalau Jack galau. Tentunya bukan tanpa alasan kita berpendapat begitu, dan alasannya adalah :
  • Dia mulai malas kuliah, sering tidak masuk kuliah (walau tingkat kemalasanya di bawah kemalasanku).
  • Tidak berbicara kalau tidak ada perlunya atau aku yang ngajak. Padahal dahulu dia tidak begitu.
  • Kadang-kadang tidak bisa diajak bicara, padahal aku sudah mengajak bicara.
  • Kerjaanya kalau di kamar hanya Internetan dan download film2.
  • Lihat video Stand Up tidak tertawa, padahal aku, Faex, dan penonton di di dalam video tertawa.
  • dll

Suatu pagi aku sedang menonton video Stand Up yang baru saja aku download. Sedangkan jack sedang main komputer, tiba-tiba dia ikut menonton video Stand Up yang ada di monitor laptopku. Karena di videonya ada yang lucu, akupun tertawa. Sedangkan Jack malah bertanya padaku dengan ekspresi muka datar.
"Lucu tah?"
"Lucu lah, tuh penonton di video juga tertawa"
"Gak lucu tuh, aku loh tidak ketawa"
"Kamu tuh di luar konteks video ini"
"oh...gitu ya?"
"iyah, kamu itu di luar kotak. Kamu harus masuk ke dalam kotak kalau kamu ingin tertawa seperti kami"
"oh....."

Ya begitulah jack, dia seakan-akan jiwanya sudah hilang. Tubuh Jack seakan-akan hanyalah zombie yang tidak punya emosi. Dia sudah bukanlah Jack yang aku kenal, yang aku kenal Jack adalah anak yang suka iseng walau level keisengannya di bawah diriku.

Alhamdulillah detik-detik sebelum  Jack keluar dari kost, dia sudah mulai ceriah lagi. Aku dan Faex bahagia melihat dia yang kembali ceria karena kami benar-benar muak melihat wajah Jack yang murung.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design