Kamis, 07 Juni 2012

Mengalir Bagai Air

Sering sekali aku mendengar langkah menulis cerita yang pertama adalah menulis judul. Alasan kenapa judul menjadi langkah pertama dikarenakan judul diharapkan menjadi tujuan penulisan dan menjadi pengontrol tulisan agar tidak ada tulisan yang keluar dari maksud judul.

Jujur sampai sekarang aku tidak pernah menuliskan judul terlebih dahulu sebelum menulis. Karena bagiku mencari judul adalah hal yang paling sulit daripada mengawali tulisan. Judul harus mencerminkan ide pokok sebuah tulisan. Dan aku belum pernah bisa membuat judul yang mencerminkan isi tulisan. Tapi aku selalu mencoba untuk membuat judul yang mencerminkan isi tulisan dengan cara menulis isi terlebih dahulu, baru setelah itu aku menyimpulkan isi tulisan yang sudah selesai. Dan kesimpulannnya kubuat jadi judul, tentu saja sebisa mungkin panjang judul hanya 1 kalimat.

Mungkin cara menulisku mencerminkan perinsipku 'mengalir bagai air'. Bukan kayak kebanyakan orang yang 'tentukan tujuan, baru melangkah'. Terkadang aku juga menginginkan menentukan tujuan terlebih dahulu, tapi tetap saja diriku tidak bisa merealisasikannya, masih banyak halangan yang berat untuk aku lewatkan begitu saja. Contohnya waktu aku berencana Online untuk mencari tugas, kenyataannya waktu online aku malah bersosial dengan teman-teman maya dan baca-baca blog teman. Dan mencari tugasnya hanya jadi sampingan belaka.

Kok aku malah curhat? Ah diudan aja menulisnya. Kalau nanti sempat melanjutkan, iya aku lanjutkan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design