Rabu, 25 April 2012

Dewa Matematika?!

Pondok, entah hari apa, aku sudah lupa. Di kamar ada aku dan Arif yang sedang mengerjakan tugas Matematika. Arif adalah ketua kamar di kamar F 14, dia sudah duduk di kelas 3 MA. Padahal aku masih duduk di kelas 3 MTs. Memang di kamar F 14 hanya aku yang usianya paling mudah. Bersama mereka yang berusia lebih tua dariku, aku belajar banyak. Walaupun yang bisa  kupelajari hanya yang dasar-dasar. :D

Lama-lama kalau hanya membuka-buka buku rasanya membosankan. Seperti biasa, aku mencari benda di sekitarku yang bisa kubuat hiburan. Lama mencari-cari akhirnya kutemukan benda yang bisa kubuat hiburan. Benda itu berada di dekat tempat duduk Arif. Dan benda itu bernama kalkulator, aku pencet-pencet tombol yang ada di kalkulator tersebut. Dari hanya menghitung, sampai mentranslate kata bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Karena memang kalkulatornya dilengkapi fitur translate Indonesia->Inggris dan Inggris->Indonesia.

"Il, ngapain?"
"Cuma main aja, memang kalkulatornya mau dipakai?"
"Oh...., aku punya permainan dengan kalkulator"
"Permainan apa?"
"Pilih angka berapapun, entar setelah dihitung aku bisa menebak hasilnya"

Aku penasaran banget, "kok kayaknya dia jago banget sampai-sampai tahu hasil perhitungan yang angka awalnya tidak dia tahu?" pikirku.

"Mana buktinya?"
"ayo, pilih angka berapapun"
"sudah"
"kalikan dengan angka 10"
"sudah"
"jumlahkan dengan angka 24, dan bagi dengan angka 5"
"sudah, ayo langsung saja sebutkan sampai selesai, biar cepat tau hasilnya"
"-35x50-30+60:23-40:2x100+3-49-50:54-60+120:0+30-2x4,dan hasilnya adalah"
"berapa hayo?!"
"dua ratus, eh seratus dua belas"
"wow....hebat banget"
"hahaha...iya sapa dahulu dong?"

Dasar, setelah kuselidiki ternyata penyebab dia tahu jawabannya adalah karena ada "dibagi 0". Emang belo'onnya diriku, sampai-sampai bisa ditipu dengan begitu mudah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design