Jumat, 17 Februari 2012

Melawan Virus W32/Ramnit

Sudah sekitar sebulan yang lalu komputer di rumah terjangkit virus W32/Ramnit. Selama ini aku sudah cobah dengan antivirus smadav, tapi tetap saja tidak mampu mengobati, padahal smadavnya yang terbaru-rilis bulan ini-. Sebelumnya aku kira smadav bisa menyembukan karena virus ini sudah tergolong jadul-durilis sekitar di tahun 2010-. Memang semadav mampu mendeteksi tapi tidak bisa menghapusnya.
Oiya, bagi yang belum tahu gejalanya, ini aku kasih tahu gejalanya :
-Munculnya file Copy of Shortcut to (1 s/d 4).lnk  pada Flashdisk saat di colokkan ke komputer korban.
-Munculnya folder RECYCLER  pada Flashdisk saat di colokkan ke komputer korban. Dan tiap detik akan muncul file *.cpl dan *.exe di dalam folder tersebut. Ini yang bikin tidak nyaman karena semakin lama flashdisk dicolokkan maka semakin banyak filenya.
-Munculnya file gaib watermark.exe di C:\Program Files\Microsoft\ dan C:\Program Files\Common Files\Microsoft\
-Menginject file Exe, DLL, SCR, Html dan file-file executable lainnya di Windows.
-Komputer kelihatan demam-lola-.

Setelah menjelajah di google, akhirnya ada pencerahan dari para blogger. Ada yang menyarankan memakai 'NOD32 On Demand Scanner' yang berukuran sekitar 19 Mb, mengingat kapasitas hardisk dirumah sangat kecil, aku berniat cari antivirus yang berukuran kecil saja. Alhamdulillah, ada blogger yang menyarankan alternatif lain yaitu memakai 'PCMAV Express For Ramnit' yang berukuran kurang dari setengah megabyte.

Pertama aku mencoba menjalankan PCMAVnya di Windows Safe Mode (Seperti petunjuk pemakaiannya).Memang banyak yang ke detect. Setelah selesai men-scan, komputer aku restart dan mencoba mencolokkan flash disk yang bersih dari virus. Pertama kucolokin tidak ada virusnya, setelah itu flashdisk kucabut dan kucolokin lagi. Dan virusnya ternyata muncul lagi. Aku langsung coba menjalankan PCMAV di Windows normal dan me-scannya. Seperti sebelumnya, yang PCMAV mendetect banyak file lagi. Setelah selesai aku langsung merestart lagi, dan mecolokkan flashdisk yang telah bersih ke komputer tersebut. Seperti sebelumnya memang tidak ada virus, dan kucoba mencabut dan mencolokkannya lagi. Alhamdulillah, sudah tidak ada.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design