Senin, 10 Desember 2012

Lirik Lagu Melanie Subono - Beda Itu Indah

Hari indah langit cerah
Ingin kunikmati hari
Bersama kau saudaraku
Dan bernyanyi lalala...

Lalu kubuka pintuku
Dunia gelap mencekam
Hilangnya persaudaraan
Hanya ada permusuhan

Minggu, 09 Desember 2012

Belajar Dari Ikan


Akhir-akhir ini aku senang melihara ikan cupang, bukan untuk diadu. Ikannya untuk hiasan sekaligus untuk belajar membudidayakannya. Kan kasian kalau kita melihara, tapi gak kita kawinkan. Kita saja sering takut mati jika belum nikah. Jadi biar ikannya tidak menyesal hidup maka perlu kita kawinkan.

Sabtu, 08 Desember 2012

Aku Aneh? Kenapa Tidak?!

Sudah sering orang bilang aku aneh, dan tulisan ini adalah jawaban dari apa yang orang bilang tersebut. Aku aneh? kenapa tidak? bukankah manusia di Ciptakan Tuhan berbeda-beda satu dengan yang lainnya?. Kenapa ketika ada satu perbedaan dari diriku denga mereka, mereka akan bilang aku aneh?.

Rabu, 05 Desember 2012

So Sial

Hari-hari di awal menjadi santri, tahun 2003. Aku adalah anak yang sangat cerewet (sampai sekarang masih :D ), yang hafal lumayan banyak pepatah. Maklum, aku masih baru keluar dari SD. Dunia bagiku layaknya teori-teori yang ada di dalam buku, tentunya buku-buku dongeng karena aku semasa SD suka sekali membaca buku dongeng yang dibelikan ayah. Jadi aku berpendapat dunia ini hanya hitam dan putih saja, hanya ada orang baik dan orang jahat saja kayak yang ada di dalam dongeng.

Hari pertama masuk pondok, aku mengira semua santri adalah anak baik. Ternyata tidak, ini terbukti karena teman sekamarku melarang untuk menaruh sandal di depan asrama dan menyuruhku menaruh ke dalam kamar karena takut di ghosob atau dicuri. Jika semua santri adalah anak baik, pasti sandal ditaruh dimanapun dan selama apapun tidak bakal pindah atau hilang. Dan seiring bertambahnya usiaku di pondok, aku juga mulai ikut-ikutan ghosob sandal karena sandalku sering dighosob santri lain (balas dendam tapi jangan ditiru ya?).

Minggu, 18 November 2012

Garing

Celeng: Bro pin-mu berapa? minta dong.
Anthropus: Ogah ah, nanti kamu buat yang ngak-ngak.
Celeng: buat ngak-ngak gimana sih? kan cuma buat BBM'an.
Anthropus: Gak usah minta pin-ku, kerja sono kalau butuh buat BBM.
Celeng: pelit banget kamu.
Anthropus: Biarin, kata petugas bank-nya juga gak boleh kasih tau pin ke orang lain.
Celeng: Blo'on, yang aku maksud tuh pin BlackBerry!!!.

Rabu, 14 November 2012

Penghuni Baru di Kamar Kost

Kemarin lusa penghuni kamarku bertambah lagi jenisnya -selain ada manusia, bunglon, dan jangkrik-. Kami kedatangan keluarga yang ahli berenang, kalau berenang indah sekali kayak ada selendang yang mengikutinya. Siapa dia?.

Namanya adalah ikan cupang, kalau dirumah disebut 'iwak tarong' karena memang biasanya dipakai buat diadu. Seperti biasa aku memilih warna biru , warna biru bagiku mencerminkan sesuatu yang jauh sebelum yang tak terbatas (hitam), contohnya langit dan laut tapi kalau kita selami lebih dalam atau terbang lebih tinggi lagi maka warnanya jadi hitam.

Aku kemarin beli 2 ikan cupang, pria dan wanita. Tapi sayang yang wanitanya mati karena waktu membeli aku kurang teliti. Sekarang baru kusadari kalau cupang wanitanya ada luka di dada sebelah kiri kayak habis kena kuku. Apa jangan-jangan karena kena kuku penjualnya waktu mengambil dari aquarium untuk dibungkus?

Kamis, 08 November 2012

Akhirnya Dapat Google Adsense


Selasa, 06 November 2012

Domain Baru Malas Nulis

Celeng:ciey..ciey punya domain baru nih?
Anthropus:Biasa aja kali. Cuma domain baru saja, bukan pacar baru.
Celeng:Tapi kok tambah malas nulis?
Anthropus:Bukan malas, belum ada waktu saja.
Celeng:Ciqui....Emang sibuk apa?
Anthropus:Bukan sibuk tapi menyibukkan diri.
Celeng:Contohnya?
Anthropus:Tidur, jalan-jalan, main sama Bupos, dan masih banyak lagi aktifitas menyibukkan diriku.
Celeng:Kok nulis tidak termasuk aktifitas menyibukkan dirimu?

Kamis, 01 November 2012

Anggap Pasanganmu Sudah Mati Untuk Bertahan Denganya

Sebelum membaca tulisan ini, diharapkan untuk membawa tisu atau handuk karena ditakutkan kamu bakal mewek saat membaca tulisan ini.

Sekarang aku akan membahas cara memepertahankan hubungan di saat kita ingin memutus hubungan, caranya adalah anggap pasanganmu sudah mati. Loh kenapa? karena dari pengalamanku jelajah tulisan di blog-blog, semua postingan yang menceritakan kematian pasangannya selalu berisi cerita kenangan indah bersama pasangannya. -Kenapa begitu? karena kita tidak boleh menceritakan keburukan orang, apalagi keburukan orang mati, karena orang yang sudah mati tersebut akan mendapat siksa kubur jika kita menceritakan keburukannya-. Jadi, jika kamu lagi kesel atau marah dengan pasanganmu, coba anggap dia sudah mati dan tulislah semua kenangan indah bersamanya. Contohnya begini :

Rabu, 31 Oktober 2012

Kekuatan Tulisan

Mungkin sudah sering kita (loe aja kali, gue nggak :P) mendengar kaliamat "Tulislah cita-citamu". Andaikan cita-cita adalah seekor kuda, maka tulisannya adalah tali. Untuk mendapatkan kuda kita perlu tali untuk mengikatnya.Ingat ini cuma untuk mengikatnya, bisa saja kudanya akan mudah didapat atau malah kudanya berontak dan bisa memutuskan talinya. Jadi menulis cita-cita hanyalah salah satu cara awal untuk mengikat cita-cita.

Aku yakin tulisan mempunyai kekuatan tersembunyi semacam ilmu hipnotis. Tulisan bisa membuat kita merasakan sesuatu tanpa harus mengalami sendiri, tulisan juga bisa membuat kita pergi ke negeri antah-berantah yang tidak ada di peta, tulisan juga bisa merubah emosi kita, dan juga tulisan bisa menyemangati kita.

Selasa, 30 Oktober 2012

PDKT sama BuPos

Bunglon Pos
Malam semua, aku seneng sekarang di kamar kost ada yang  menemani. Siapa dia? Dialah hewan yang paling sakti seantero galaksi, kalian biasa menyebutnya bunglon. Alasan aku menyebut hewan paling sakti dikarenakan si doi bisa berubah warnah sesuai tempat yang didiami, kalau tidak sakti tidak mungkin berubah warnah.

Senin, 22 Oktober 2012

Tips Jitu Melupakan Mantan

Sudah sering aku melihat galauers yang bermuka cemberut kayak duburnya ayam atau pasang muka suram kayak toko utama film horor. Pernah juga waktu duduk-duduk di alun-alun Malang dengan Kebo tiba-tiba di datangi orang yang murung dan langsung curhat masalah diputus ceweknya yang ternyata hanya mencintainya dari sisi materi.

Untuk itu aku kali ini mau menulis beberapa tips jitu setelah diputusin pacar. Memang aku belum pernah diputusin, dan semoga tidak putus untuk selamanya (Amiin). Tentu aku menulis ini bukan karena pengalaman pribadiku, tapi berdasarkan pengamatan pribadiku. Hahahahahah.....(sok jadi pengamat).

Tulisan ini sangat direkomendasikan untuk dibaca orang yang akan diputus/memutus pacar yang disayangi (kalau kamu gak sayang, tidak perlu baca) atau yang masih anget-angetnya diputus/memutus pacar.

Rabu, 17 Oktober 2012

Faiq dan Sindrom Pikunisation

Selama ini aku hidup di kost, sekarang temanku satu kost yang satu jurusan tinggal Faiq, jika dahulu ada Jack. Faiq berasal dari Gresik, dia lebih awal nge-kost di sini. Jadi dia itu sudah termasuk senior di sini. Untung di kost tidak ada acara orientasi kayak di sekolah. Kalau ada, kan tidak lucu kalau dia  jadi eksekutor atau keamanan atau senior yang biasanya suka bentak-bentak ke juniornya. Kenapa tidak lucu? iya gak asik saja karena aku sudah kenal dia lama, dari dahulu waktu di asrama dia adalah tetangga kamarku. Jadi, se-marah apapun dia tetap saja aku bisa mengingat gimana kalau di lagi tertawa. Mungkin bisa saja dalam diriku ingin menggoda dia pas marah-marah.

Saat Faiq dan Ihsan Gugur

Kemarin aku beli 2 bayi musang. Ini kulakukan sebagai langkah awal untuk mewujudkan rumah idamanku. Bukankan di postingan terdahulu aku sudah bilang kalau rumah idamanku adalah rumah yang banyak hewan peliharaannya, ya ini langkah awalnya. Padahal sebelumnya niat beli tupai terbang tapi karena menunggu beberapa jam penjual tupai terbang tidak datang, aku memutuskan beli bayi musang saja.

Sebenarnya, aku ingin melihara musang yang besar. Tapi, yang besar-besar pada liar. Bakal lama ngijinakinnya kalau sudah besar. Dan juga sekarang aku masih kost, mau ditaruh dimana kalau beli yang besar? kalau yang kecil kan bisa ditaruh di laci lemari atau dimana saja, kan kecil.

Seperti hewan-hewan terdahuluku yang pernah kupelihara, akupun mengasih nama pada 2 bayi musang. Namanya adalah Faiq dan Ihsan. Namanya kudapatkan dari nama temanku yang menawar harga pada waktu pembelian, dan karena penawarannya itu aku jadi beli.

Untuk membedakan Faiq dan Ihsan sebenarnya sangat sulit karena mereka sangat mirip. Aku membedakan mereka dengan sifatnya saja. Kalau Faiq keras dan Ihsan pendiam. Kalau sama-sama keras kayak waktu lapar aku memanggil seenaknya saja, yang penting namanya Faiq dan Ihsan. :D

Jumat, 12 Oktober 2012

Kakakku Gila part 2

Ba'da maghrib aku berencana mengantarkan kakak potong rambut. Jadi ruteku adalah masjid-rumah(ganti pakaian)-rumah emak. Kakak memakai jaket hitam dan celana, sedangkan aku hanya memakai kaos dan celana. Waktu di rumah emak, aku melihat jaket hitamku yang dipinjam kakak, aku putuskan untuk memakai jaket tersebut. Dan akhirnya kami kompak memakai jaket hitam. Keren kan? malam mingguan, dua pemuda memakai jaket hitam dan celana. Tapi.......

Dari rumah aku memakai sandal bakiak, yang alasnya semi lancip. Aku terpaksa memakai sandal bakiak karena sandalku (hadiah dari Andah) ada di dapur, gak enak kalau mau ke dapur karena RAME BANGET dan takut ganggu. Pas mau berangkat, kakak malah minta tukeran sandal. Kirain mau tukeran sama sandal yang lebih nyaman dipakai, eh... tak taunya malah ditukar sama sandal bakiak rematik. TAMBAH PARAH!!

Rabu, 10 Oktober 2012

Kakakku Gila part 1

Sabtu, 06 Oktober 2012. Aku harus pulang karena uang saku sudah habis. Kalaupun uang saku belum habis tetap saja harus pulang karena hari minggu-nya ada acara peringatan 1000 hari wafatnya adik.

Aku pulang ba'da dhuhur (jam 2'an) sebab sebelum dhuhur ada jadwal kuliah. Perjalanan pulang membutuhkan waktu satu setengah jam. Jadi, aku tiba di rumah sekitar jam 03:30 WIB. Di rumah sudah banyak ibu-ibu tetangga yang lagi bantu-bantu masak buat acara keesokan hari. Inilah keuntungan hidup di desa, karena tak ada jajan atau kue yang beli maka para ibu-ibu sekitar rumah saling membantu. Bukan hanya bantu-bantu saja yang membuat istimewa, tapi juga karena bisa saling ngobrol antar ibu-ibu yang membuat ibu-ibu semakin solid.

Selasa, 18 September 2012

Keringetku Wangi?

Di suatu malam (masih kemarin-kemarin), aku dan Andha Pergi jalan-jalan tak jelas, yang penting kan jalan-jalan. Yang jelas bukan mau belanja atau hura-hura, karena sama-sama lagi BoTal (Bokek Total).

Di sepanjang perjalanan kita tertawa dan nggedabrus bersama.

"Gak pakai parfum yah?" tiba-tiba Andha bertanya.

Jumat, 10 Agustus 2012

Tujuan Manusia di Dalam Hidupnya

Sudah sering kita mendengarkan tujuan Tuhan menciptakan manusia hanyalah untuk menyembah padaNya. Tapi, kali ini mari kita coba mencari tahu apa tujuan manusia di dalam hidupnya. Apakah kesuksesan? kesuksesan yang bagaimana? apakah kekayaan? kekayaan yang bagai mana? kaya harta apa kaya iman? dan masih banyak pertanyaan yang bisa dikorek tentang tujuan manusia di dalam hidup.

Kamis, 09 Agustus 2012

Ayahku Hebat

Kemarin malam aku mengikuti pengajian yang dimana kebanyakan yang datang adalah orang yang sudah tua-tua, yang masih mudah jumlahnya sedikit sekali. Dahulu aku bertanya-tanya 'Kenapa orang-orang tua mengaji? bukankah masa kecil mereka sudah sering mengaji? apa tidak bosan?', tapi aku sekarang sudah tau jawabannya. Jawabannya adalah jika waktu kecil mereka ngaji dengan tujuan untuk mencari tahu, sekarang tujuan mengaji adalah mencari tahu (untuk pengetahuan yang baru) dan pengingat. Bukankah manusia tempatnya lupa? itu sebabnya mereka butuh pengingat.

Kyai menceritakan kisah nabi Ibrahim AS yang disuruh menyembelih nabi Ismail. Sebenarya sudah sering aku mendengarkan kisah tersebut, sampai suatu saat Kyai bilang "Nabi Ibrahim itu bapak yang hebat. Anak sebaik nabi Ismail rela di korbankan demi melaksanakan perintah Tuhan. Beda dengan orang sekarang, anak maksiat kok malah dibelain sampai-sampai berani bayar mahal untuk menebus anaknya yang dipenjara." Di pikiranku langsung teringat kejadian beberapa tahun yang lalu saat aku masih di pondok.

Rabu, 08 Agustus 2012

Terpanggil

Malang, kamis 02 Agustus 2012. Sekitar jam 11 pagi menjelang siang aku berangkat pulang. Waktu sudah sampai di gang sebelah kantor polisi Dinoyo aku merasa ada getaran di saku celana kananku, pertanda ada SMS. Aku pun menepi dan membuka HPku. Ternyata Andha minta pulang bareng walaupun dia SMS tidak menggunakan kalimat minta pulang bareng malah dia bilang "Aku tidak mau pulang denganmu", berbekal sedikit pengetahuan dari beberapa E-book psikologi dan memahami situasinya, aku tahu betul maksud SMS tersebut adalah minta pulang bareng denganku (GR atau ke-PD-an nih?). Tanpa pikir panjang aku langsung meluncur ke salah satu kost depan kampus tempat Andha nge-kost.

Saat ketemu Andha di samping kostnya dia juga masih basah-basi (jijik ah, uda basah, basi pula) tidak mau pulang denganku. Beberapa waktu kemudian, dia akhirnya jujur mau pulang bareng. Tapi aku harus nunggu 30 menit, karena  dia belum menyiapkan barang-barang untuk dibawah bulang. Karena aku sangat benci nunggu, aku buat saja jalan-jalan ke Wilis untuk mencari buku CorelDraw karena beberapa waktu sebelumnya aku melihat buku CorelDraw di salah satu kios.

Selasa, 31 Juli 2012

Pengemis

"Kebanyakan Kyai sekarang ini lebih senang menerima dari pada memberi. Padahal orang yang suka menerima adalah pengemis. heheehe (tertawa ringan) untung saya bukan Kyai" kalimat ini muncul dari pengeras suara di tempat pengajian.

Kesadaranku yang sebelumnya hanya 20%, langsung menjadi 1000% saat mendengar kalimat tersebut. Aku merasa jantungku ditusuk-tusuk linggis karena mendengar kalimat tersebut. Meskipun aku bukan seorang Kyai. Aku tersindir karena selama ini aku lebih suka diberi daripada memberi. Sampai-sampai aku waktu masih sekolah punya prinsip "Dimana ada barang gratis, aku harus ada di situ. Kalau nggak, aku bakal menyesal".

Senin, 30 Juli 2012

Pertahanan Belakangku Jebol

Setiap jenjang pendidikan yang kulewati, selalu saja ada hal yang sangat berkesan. Misalnya waktu SD nilai ulangan pelajaran Matematika nilainya jelek waktu jawabannya hasil menghitung sendiri tapi waktu menjawabnya ngawur malah dapat nilai bagus. Dan sekarang aku akan bercerita pengalamanku sendiri waktu TK, tentunya di waktu TK banyak pengalaman yang berkesan karena semua siswa-siswinya masi imut-imut dan polos.

[+_+][+_+][+_+][+_+][+_+]

Pagi dengan langit yang cera menghiasi seluruh pelosok desa Ngembe (sebenarnya langit cerah bukan hanya di desa Ngembe saja, tapi juga di desa-desa di sekitar Ngembe. Tapi biar kelihatan indah ceritanya, maka yang cerah hanya di desa Ngembe saja). Para murid TK sedang menunggu jam masuk pelajaran sambil jajan di depan SD karena tidak ada yang jualan di depan TK dikarenakan lokasinya tidak se-strategis di depan SD.

Senin, 23 Juli 2012

Jelajah Pasar

Pasuruan, 19 Juli 2012. Waktu menunjukkan pukul 09:00 WIB, aku sedang berada di perjalanan menuju pasar Pandaan. Tujuan utamaku adalah menukarkan HP, tentunya bukan HP pemberian orang tua karena itu amanah dari orang tua. Alasanku mau menukar Hp adalah karena kemarin aku melihat HP jadul yang aku punya di pasar tersebut dijual dengan harganya Rp75.000 belum ditawar, padahal setahun yang lalu harga aku membelinya kurang dari Rp.200.000. Sebelum harganya belum turun lagi, aku berniat menukarkannya. Aku berniat menukarkannya dengan yang sedikit lebih canggih, dan sedikit lebih cepat kalau di pakai online.

Tidak lebih dari 15 menit aku sudah sampai di Pasar Manok (Burung) yang berada di Pandaan. Mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa mau menukar HP malah ke pasar burung? Sebenarnya aku tidak tahu sejarah nama pasarnya, karena sekarang di pasar tersebut yang menjual burung hanya beberapa kios saja, selebihnya adalah penjual VCD (bajakan), HP, pakaian bekas, pakaian baru, makanan, buku,  dll. Ada juga penjual barang-barang loak yang mengelilingi Pasar Manok.

Sabtu, 21 Juli 2012

Aku Benci Manusia

Sudah sekitar seminggu berlalu aku menamatkan novel Supernova episode Partikel karya mbak Dee tapi efeknya masih kebawa sampai sekarang. Efek yang paling besar adalah tidak mempercayai manusia termasuk diriku sendiri. Yah, manusia yang paling tidak bisa kupercayai adalah diriku sendiri, alasannya dari dahulu aku masih sering "manjatuhkan diri" ke lubang yang sama. Padahal aku tahu kalau itu ada lubang, dan kalau jatuh kesitu bakal sakit dan menyesal.

Manusia kedua yang tidak kupercaya adalah kekasihku sendiri, alasannya aku masih sering dibohongi meskipun dia mempunyai alasan untuk membenarkan tidak kebohongannya. Tapi yang paling tidak bisa kupercaya dari dirinya adalah dia menyayangi diriku. Tapi kalau alasan dia menjadi kekasihku karena kekayaan juga tidak mungkin, lah setiap hari aku BOTAL (BOkek toTAL). Terus kalau alasannya karena kegantengan juga tidak mungkin, karena seumur-umur yang bilang aku ganteng tidak lebih dari jari tangan kananku. Hanya dia sendiri dan Tuhan yang tahu alasan dia mau jadi kekasihku.

Senin, 09 Juli 2012

Kopi, Kantuk, dan Aku

Sudah umum kita beranggapan kopi adalah penawar rasa kantuk yang paling efisien. Karena itu pula kita banyak menemukan berbagai macam produk minuman yang berbahan dasar kopi.

Dan sebelum bercerita banyak, perlu diketahui kalau aku bukanlah pecinta kopi sejati meskipun sebenarnya aku juga suka minum kopi. dan aku minum kopi punya beberapa alasan, yaitu : rasa, penawar tidur, dan terpaksa. Jika masalah rasa aku lebih memilih kopi mocca, sedangkan jika untuk penawar tidur aku memilih kopi murni, dan jika terpaksa aku memilih kopi apa saja.

Suatu malam di rumahku ada musyawarah. Ntah musyawarah apa? aku sudah lupa, maklum karena di rumah sering dipakai tempat musyawarah, kata ibu "ayahmu itu suka mengadakan musyawarah". Yang aku ingat hari itu ibu membuat beberapa makanan dan 3 teko besar untuk disuguhkan, 2 teko berisi kopi murni, dan 1 teko lainnya berisi teh hangat.

Sabtu, 07 Juli 2012

Alasan Orang Kaya Dinilai Sering Sakit Daripada Orang Miskin

Sering kan kita dengar orang kaya lebih muda sakit, dan orang miskin tidak mudah sakit. Aku penasaran dengan pernyataan tersebut, mangkanya mumpung lagi nganggur kini kita cari tahu penyebabnya yuk?.

Karena Pekerjaan

Kita tentunya tahu kalau pekerjaan orang kaya lebih sering menggunakan otak, orang kaya kan biasanya kerjaannya lebih sering duduk di depan komputer dan menghitung duit atau merencanakan apa lah. Sedangkan orang miskin pekerjaannya lebih sering menggunakan otot daripada menggunakan otak. Tentunya orang kaya lebih mudah sakit karena badannya lebih sering di diamkan saja, sedangkan orang miskin yang kerjanya pakai otot tentu badannya sering digerakin. Dan kita sama-sama tahu kalau badan yang sering dibuat gerak lebih sehat dibanding dengan badan yang tidak pernah dibuat gerak.

Jumat, 06 Juli 2012

Pantai Identik dengan Santai?

Akhir-akhir ini aku sering mendengar kalimat "lagi santai kayak di pantai", mungkin kalimat ini sudah kayak bom virus yang dampaknya sudah mencapai seluruh sendi-sendi kehidupan -Ah lebay deh-. Jika ditanya kapan pertama kali kamu mendengar kalimat ini? Sebenarnya di tahun 2009 dahulu aku sudah sering mendengarnya dari sebuah lagu milik Melanie Subono, kalau tidak salah judulnya "Gue Lagi Gampang" (maaf kalau salah soalnya tidak sempat browsing :D), yang aku ingat urutan liriknya begini "gue lagi santai kayak di pinggir pantai, gue lagi senang kayak bisa tebang". Mungkin susunan kata dalam kalimatnya berbeda, tapi maksut dan tujuannya sama yaitu mengidentikkan suasana pantai jika lagi santai.
 

Jumat, 15 Juni 2012

Kerja

Mulai senin kemarin aku kerja di percetakan, tentunya kerjaku bukan cetak-mencetak, walaupun aku sebenarnya juga ingin belajar di cetak-mencetak. Aku bekerja di bagian desain grafis, itu isi kalimat di lowongan pekerjaan yang membawaku bekerja.

Tapi ternyata, di sana tugasku bukan hanya menjadi seorang desain grafis. Tapi juga menjaga konter HP, dan toko percetakan. Kenapa aku bilang toko percetakan? ini karena tempatku bekerja ini bukanlah tempat percetakan. Di sini peralatan cetaknya hanya 2 printer, 1 buah pemotong ID Cart, 1 buah pemotong kertas, dll. Yang jelas, di sini maksimal hanya bisa mencetak ID Cart, kalau kayak banner, kaos, mug, dll aku masih belum tahu dicetak dimana.

Sabtu, 09 Juni 2012

Dektinggal Jack

Tanggal 1 juni winginane Jack boyongan teko kost, mbuh opo alasane aku yo ora ngerti. Koyoke seh arek'e gak betah nang kene polae rame, aku iso meker ngene sebab arek'e ngomong orep nang kost iku enak pas pereian.

Jumat, 08 Juni 2012

Kenapa Tuhan Menguji Niat Manusia?

Pagi ini tiba-tiba muncul pertanyaan di pikiranku. -Memangnya kamu punya pikiran? Punya dong, walau pikiranku gak sebanyak pikiranmu-. Pertanyaan yang ada di pikiranku adalah "Kenapa Tuhan Munguji niat seseorang? bukankah Tuhan maha mengetahui? Seharusnya Tuhan tahu tanpa perlu menguji niat orang tersebut".

Kamis, 07 Juni 2012

Kerja=Mendapat Ilmu + Gaji

Terinspirasi dari apa yang di bilang Jack barusan, aku masih terus memikirkannya. Jack bilang "anak kelas lain itu lebih berminat jadi Asisten Laboratorium (ASLAB), sedangkan anak kelas kita lebih condong ke bisnis/kerja". Sebenarnya ini sama-sama sebuah pekerjaan, anak kelas lain kerja jadi Asisten, sedangkan anak kelasku kerja dalam bentuk nyata.

Mengalir Bagai Air

Sering sekali aku mendengar langkah menulis cerita yang pertama adalah menulis judul. Alasan kenapa judul menjadi langkah pertama dikarenakan judul diharapkan menjadi tujuan penulisan dan menjadi pengontrol tulisan agar tidak ada tulisan yang keluar dari maksud judul.

Rabu, 06 Juni 2012

Masalah Tidak Datang Tanpa Alasan


Malang, 05 Juni di waktu sore. Aku ada janji dengan Ziza di kampus untuk mengambil materi buat MP (Media Pembelajaran). 1 menit sebelum waktu yang di sepakati Ziza sudah SMS ke aku, dia menanyakan apakah aku sudah ada di kampus atau belum. Aku jawab saja belum karena memang aku sedang ganti baju.

Aku menyadari kalau 1 menit tidak akan cukup untuk perjalanan ke kampus, kecuali menaiki Buroq. Dan aku bukanlah manusia yang bisa tetap bersikap santai ketika dalam posisi terlambat, karena lingkungan di kampungku selalu mengajari untuk tidak pernah terlambat. Wajar kalau aku tergesa-gesa untuk berangkat ke kampus.

Selasa, 05 Juni 2012

Tidak Lucu Karena di Luar Kotak

Pasuruan, 03 juni 2012 setela adzan isyak. Aku berjalan agak santai menuju Masjid di kampungku untuk mengikuti sholat isyak berjama'ah. Aku berjalan santai karena tahu kalau pak Kyai-nya sedang tidakk ada, bukan karena aku bisa meramal atau bisa menggunakan ilmu gaib lainnya. Tapi, karena waktu sholat maghrib tadi pak Kyai-nya memang tidak ada, dan ayahku menggantikan pak Kyai-nya untuk mengimami di Masjid.

Senin, 04 Juni 2012

Bingung Berdo'a

Seperti biasa, selesai imam menutup salam, Jono berdo'a sendiri karena sang Imam tidak memimpin do'a berjama'ah. Sehabis berdoa Jono melihat Joko yang berada di sampingnya sedang menatap kosong ke depan. Karena rasa penasaran yang tinggi, Jono pun menyadarkan Joko dengan  cara menepuk pundak Joko.

"Ada apa jon?" ucap joko yang kebingungan melihat Jono.
"Seharusnya aku yang bertanya begitu, kamu itu kenapa? ngelamun?"
"Aku bingung saat mau berdo'a"

Selasa, 29 Mei 2012

Ulah Kursor

Kemarin di Malang. Setelah selesai membuat media pembelajaran milik teman. Kursor terus menelusuri menu yang berada pada tombol start dengan liarnya. Dan akhirnya kursor berhenti pada sub menu "CorelDRAW Graphics Suite X5" dan berhenti di atas ikon "CorelDraw X5" untuk memijit dua kali ikon tersebut.

Kamis, 24 Mei 2012

Ketemu Masa Lalu

Asik online dengan membuka halaman yang tak asing, dan mencari beberapa gambar buat inspirasi. Tidak sengaja malah mengetik nama sendiri di kolom pencarian. Dan hasilnya ternyata menampilkan blog-blog yang telah kulupakan. Yang menarik adalah aku menemukan beberapa editan foto yang masih kasar, maklum dahulu kan masih culun. Lah sekarang? tetap masih culun juga sih.

Sebenarnya ada rasa bersalah karena meninggalkan beberapa blog, baru kali ini login, eh ternyata banyak komentar yang perlu persetujuan. Kasihan para pengunjung yang tersesat masuk ke blog yang telah kutinggalkan. Tapi bagaimana lagi? masak sekarang aku menguru lebih dari 10 blog? blog ini saja jarang update apalagi kalau punya blog banyak?.

Minggu, 20 Mei 2012

Perjalanan Menjadi Bukan Anak Durhaka

Minggu 20 Mei 2012. Sejak bangun tidur aku bertekad hari ini harus potong rambut. Aku gak mau dibilang anak durhaka karena tidak mau menuruti apa kemauan orang tua.

Aku akhir-akhir ini juga ingat apa kata ustadz waktu aku masih kecil dahulu "ketika anak sedang sholat sunnah lalu mendengar orang tuannya menyuruh untuk beli A, maka si anak ini wajib membatalkan sholat sunnahnya". Begitu wajibnya anak untuk mengabdi kepada orang tuanya, sampai-sampai sholat sunnah harus dibatalkan.

Aku juga kemarin sudah dibilangi ibu "wong tuwo wes ngajeni awakmu, kok awakmu gak gelem ngajeni wong tuo" (orang tua sudah menghargai dirimu, kok kamu tidak mau menghargai orang tua). Ibu bilang begitu karena memang kemarin aku dibelikan motor. Sebenarnya aku keceplosan mengucapkan minta dibelikan motor karena waktu mau balik ke Malang ayah tidak bisa mengantar aku ke Pandaan. Dan tiga hari setelah keceplosan, ayah beli motor lagi untuk dirinya, dan yang lama untukku.

Oke, kembali ke hari ini. Yang lalu biarlah berlalu dan diambil hikmanya saja. Sore ini aku berencana pergi ke tempat pemotongan rambut. Tapi ternyata Tuhan mengasih banyak ujian untuk menguji niat terdalamku. Sehabis adzan ashar, tiba-tiba aku disuruh ke Bangil untuk beli ikan udang. Setelah dari bangil juga ada tugas harian yang menungguku yaitu mengepel rumah, maklum anaknya orang tuaku hanya aku yang berada di rumah. walaupun adek Ziza di rumah, tetap saja aku yang bagian mengepel. Nasibku jadi tukang pel rumah tidak pernah berubah sejak dahulu kala. Hidup memang harus berubah, tapi jadi tukang pel rumah adalah hal baik yang tidak perlu dirubah. Boleh saja dirubah asal mau dituduh anak durhaka, hayo pilih jadi anak durhaka atau pilih jadi tukang pel?.

Sabtu, 19 Mei 2012

Akhirnya, di Kaskus Aku Mendapat Reputasi

Karena tidak ada kerjaan (padahal yang benar lari dari kerjaan), aku ber-internet ria. Buka blog ini, malah bingung mau menulis apa.  Buka efbe, iya gitu-gitu saja. Bosan aku dengan kegiatan seperti ini, aha! aku coba buka kaskus saja.

Kaskus pun terbuka, langsung aku pergi ke halaman profil. Aku langsung melihat daftar tread yang aku buat. langsung aku klik sala satu treadh yang aku buat. Terasa ada yang ganjal di dalam halaman tersebut. Tapi aku juga tidak tahu apa yang mengganjal. Setelah kuselidiki ternyata reputasiku yang sebelumnya hanya abu-abu saja, sekarang sudah bewarnah loh!!!!

Jumat, 18 Mei 2012

Wajah Wanita itu Sangat Putih

Sekitar jam 9 pagi, 17 Mei 2012 di Pasuruan. Aku berencana ke Bangil untuk beli kertas stiker dan perdana flexi buat internetan di rumah, karena untuk sinyal CDMA hanya flexi yang lumayan banyak sinyalnya di daerah rumahku. Maklum, namanya juga asli Desa, eh dusun maksudku.

Sebelum berangkat aku dititipin ibu untuk 'kulakan' lagi (padahal jam 6 sebelmnya sudah kulakan ke Pandaan). Aku berencana untuk mencari apa yang kucari dahulu, kulakan bisa terakhir karena bisa waktu perjalanan pulang. Karena sudah mantap dengan rencana yang ada, aku langsung berangkat. Tujuan pertama adala toko Tarim, di toko ini ada berbagai peralatan sekolah, dari berbagai macam alat tulis sampai kamus bahasa kompeni pun ada.

Saat sampai di depan tokoh, mesin motor masih hidup dan aku belum turun dari motor. Aku melihat ke dalam toko, ternyata seorang wanita yang duduk di tempat kasir menatapku dengan tajam. Beberpa detik kami saling memandang, lalu aku sudahin akting saling pandang tersebut karena buang-buang watu. Aku matikan motor, dan aku langsung menuju ke dalam tokoh.

Kamis, 17 Mei 2012

Alasan Datang Terakhir, dan Pulang Dahuluan dari Masjid

Kurasa kalian sudah familiar dengan kalimat "datang akhir, pulangnya dahuluan" atau kalimat sejenis itu. Kalimat itu paling sering terdengar waktu ke Masjid.

Sering sekali tetanggaku bilang begitu kepadaku. Maklum lah aku kan bukan mua'dzin yang datangnya paling awal dari pada jama'ah lainnya. Dan aku adalah orang yang paling benci menunggu, bukan karena aku tergesa-gesa mau pergi kemana atau mau ada urusan, tapi karena aku paling benci untuk tidak melakukan apa-apa. Bukankah disaat menungguh kebanyakan kita harus diam?. Oleh sebab itu aku malas datang dahuluan, karena takut bakal menunggu sang imam. iya kalau menunggunya satu atau dua menit, kalau sejam?!.

Kamis, 10 Mei 2012

Kegagalan Tadi Malam

Iseng-iseng+serius sedikit aku mencoba men-tracing foto Andha, setelah beberapa jam aku mencoba teryata hasilnya tidak memuaskan di bagian wajah. Karena hari sudah larut malam, dan telah memakan jadwal tidurku. Aku pustuskan untuk mebiarkan kegagalanku, dan lain kali akan kucoba untuk memakai foto yang lain. Di bawah ini aku sisipkan kegagalanku. 

Jumat, 04 Mei 2012

Boom Sinom

  • Senin pagi, aku kembali ke Malang dengan membawa 2 botol sinom buatan ibu.
  • Senin malam, niat untuk mengasihkan 1 botol sinom ke Andha gagal terlaksana dikarenakan tidak sepakat masalah waktu. Dia minta jam 8 malam, sedangkan aku minta jam 7 malam. Dan botol sinomnya aku taruh di kamar kost dengan kubungkus plastik terlebih dahulu.
  • Selasa pagi, aku cek rasanya sinom yang gagal kukasihkan ke Andha. Ternyata masih enak, dan aku berencana akan mengasihkan ke Andha hari ini.
  • Selasa malam, aku jadi ketemu Andha tapi lupa tidak membawa sinomnya.
  • Rabu pagi, aku cek rasa sinomnya. Rasanya mulai agak aneh dan waktu aku buka muncul banyak busa.
  • Kamis, lupa sama sekali dengan sinomnya.

Dan hari ini, jam 4:45 WIB. Aku terbangun, dan mencium bau-bau aneh tapi samar-samar aku kenali. Aku menyangka bau itu hanya ada karena aku belum sadar penuh. Aku pun berniat tidur lagi. Tidak lama setelah memejamkan mata, aku terbangun lagi karena baru sadar kalau bau yang kucium adalah bau dari sinom yang sudah kulupakan.

Senin, 30 April 2012

CIta-citaku


Malang, siang menjelang sore di hari jum'at 27 April 2012. Waktu itu aku keluar dari kelas dengan pikiran yang lumayan bingung. Aku bingun karena lapar, bingung mau makan di mana enaknya yang tidak terlalu menguras kantong. Akhirnya kubulatkan untuk langsung menuju ke warung milik Emak di belakang kampus. 

Mahasiswa lain menyebutnya warungnya emak dengan nama 'Warung Madura'. Nama itu muncul karena emak dan bapak biasa berkomunikasi dengan bahasa madura ke pada mahasiswa-mahasiwa yang berasal dari madura. Meskipun ternyata setelah aku konfirmasi ke emak dan bapak bukanlah orang asli madura, tetapi orang Malang sendiri yang di kampungnya biasa menggunakan bahasa Madura. Mungkin nenek moyang di kampung tersebut asli orang madura.

Di pertengahan jalan menuju ke warung, tepatnya berada di depan gedung Fakultas Sains dan Teknologi aku tak sengaja melihat sosok anak yang tak asing bagiku. Salah satu teman PM (Pengabdian Masyarakat) di tumpang kemarin. Dia adalah Yaqin anak jurusan biologi yang berasal dari Sidoarjo.

"Maho!" teriaknya.

Rabu, 25 April 2012

Dewa Matematika?!

Pondok, entah hari apa, aku sudah lupa. Di kamar ada aku dan Arif yang sedang mengerjakan tugas Matematika. Arif adalah ketua kamar di kamar F 14, dia sudah duduk di kelas 3 MA. Padahal aku masih duduk di kelas 3 MTs. Memang di kamar F 14 hanya aku yang usianya paling mudah. Bersama mereka yang berusia lebih tua dariku, aku belajar banyak. Walaupun yang bisa  kupelajari hanya yang dasar-dasar. :D

Lama-lama kalau hanya membuka-buka buku rasanya membosankan. Seperti biasa, aku mencari benda di sekitarku yang bisa kubuat hiburan. Lama mencari-cari akhirnya kutemukan benda yang bisa kubuat hiburan. Benda itu berada di dekat tempat duduk Arif. Dan benda itu bernama kalkulator, aku pencet-pencet tombol yang ada di kalkulator tersebut. Dari hanya menghitung, sampai mentranslate kata bahasa Indonesia ke bahasa Inggris. Karena memang kalkulatornya dilengkapi fitur translate Indonesia->Inggris dan Inggris->Indonesia.

"Il, ngapain?"
"Cuma main aja, memang kalkulatornya mau dipakai?"
"Oh...., aku punya permainan dengan kalkulator"
"Permainan apa?"
"Pilih angka berapapun, entar setelah dihitung aku bisa menebak hasilnya"

Aku penasaran banget, "kok kayaknya dia jago banget sampai-sampai tahu hasil perhitungan yang angka awalnya tidak dia tahu?" pikirku.

Jumat, 20 April 2012

OSJUR Oh OSJUR...............

 Untuk yang sudah kuliah, pasti pernah ikut OSJUR (Orientasi Jurusan). OSJUR diadakan untuk mengenalkan semua hal yang berkaitan dengan jurusan kepada mahasiswa baru sesuai jurusan yang mereka pilih. Di waktu OSJUR banyak kegiatan yang diadakan oleh panitia, entah menyenangkan atau tidak menyenangkan. Semua kegiatan dilaksanakan dengan tujuan mahasiswa baru bisa beradaptasi dengan kehidupan mahasiswa sesuai jurusan yang dipilih.

Tiga tahun yang lalu aku ikut OSJUR, tapi sekarang tidak ada banyak hal yang bisa kuingat dari OSJUR. Kecuali nama beberapa teman yang sampai sekarang masih dekat denganku. Untuk kegiatannya malah tidak ada yang kuingat kecuali  saat panitianya bertanya pada peserta "Apakah kalian sanggup untuk menyelesaikan tugas?!", dan kujawab "InsyaAllah!" dengan keras. Padahal sebelumnya panitia sudah melarang menjawab dengan kata 'InsyaAllah'. Gara-gara jawabanku panitia marah-marah dan mencari sumber suara yang menjawab dengak kata 'insyaAllah'. Sebagai pengecut kelas Paus, tentu saja aku tidak mengaku. Hingga panitianya sudah putus asa untuk mencari lagi. Dan yang tahu sumber suaranya adalah temanku yang memang sedang ada di belakangku, setan, malaikat, dan Tuhan YME.

Kamis, 19 April 2012

Ciri-ciri Iklan yang Tidak Membosankan

Sebelum melanjutkan membaca, aku ingin bertanya pada kalian sesuatu yang berhubungan dengan judul di atas. Kalian tahu kan apa itu iklan? kalau tidak tahu coba buka kamus bahasa Indonesia yah? Apa?!, kalian tidak punya kamus bahasa Indonesia? itu sugguh terlalu, kamus bahasa luar negeri saja punya. Kenapa kamus bahasa negeri sendiri tidak punya? Oke deh, aku kasih kalian kesempatan untuk browsing untuk mencari tahu apa itu iklan.

Setelah tahu apa itu iklan, kalian pasti pernah lihat iklan di layar televisi. Ternyata tidak semua iklan di televisi itu disenangi masyarakat. Buktinya meskipun sudah lihat beberapa kali iklan tetapi tetap saja iklannya terasa membosankan. Kalian tahu kenapa? yah sama seperti kegiatan yang membosankan alasannya. Yaitu karena diulang-ulang terus. Tapi, ada juga iklan yang tidak membosankan.

Rabu, 18 April 2012

Tulisan Celengan bukan Celengan Tulisan!!

Malang, 18 April 2012. Siang menjelang sore aku ada kuliah Etika Profesi. Hari ini hari yang cukup sepesial karena Rijal mempresentasikan paper tentang "Etika Profesi Desainer Grafis". Kelas begitu meriah karena dia menguasai apa yang dia presentasikan, tidak seperti pagi tadi waktu aku presentasi di mata kuliah Kewirausahaan.

Sebelum Rijal maju presentasi, Rijal menyarankan judul presentasi "Etika Profesi Blogger" untuk aku, mungkin karena kita sama-sama blogger. Tapi aku tak tahu apa alasan kenapa dia tifak memakai judul tersebut. Mendengar dia menyebut kata "blog" aku langsung teringat dengan blog kesayanganku ini. :)

Selasa, 17 April 2012

Perkawinan Lintas Alam

Malang, 15 April 2012. Aku ada jadwal ke rumah client (ibu2) yang minta benerin komputernya, sebenarnya aku tak tahu apa permasalahan komputernya. Sang client hanya bilang "komputernya sakit", aku tak tahu apa yang harus kupersiapkan untuk membenarkan komputer client. Karena bingung, aku bawa Dellima (nama laptopku) dan flasdisk untuk jaga-jaga, sapa tau diperlukan.

Setelah sampai di rumah, aku langsung saja menginstall ulang OS-nya karena client minta begitu. Saat menunggu proses intallasi OS aku tak sengaja mendengar percakapan anatara client dan dua tukang cat yang lagi mengecat tembok rumah client. Dan sebelumnya aku di kasih tahu client kalau tukang cat tersebut adalah bawahan client di tempat kerja. Sstt....Sebelum aku kasih tahu percakapan mereka diharapkan jangan keras keras kalau membaca, aku tidak mau dituduh jadi tukang gosip. Ini dia percakapan mereka :

Kamis, 12 April 2012

Apa Yang Dibutuhkan Dalam Jatuh Cinta?

Untuk kalian yang sedang jatuh cinta, ada baiknya membaca tulisan ini. Bukan maksud saya promosi, tapi saya hanya ingin berbagi dengan kalian semua tanpa pandang bulu, entah bulu kalian lebat atau malah gundul, aku tidak peduli. untuk kalian yang heran dengan tulisan ini, atau tidak percaya Celenganthropus yang menulis tulisan ini. Saya izinkan kalian menggunakan ilmu sihir kalian untuk menerawang siapa yang menulis ini.

Seperti pada judul di atas, kali ini saya akan membahas masalah apa saja yang dibutuhkan seseorang untuk terjatuh di dalam cinta. Karena kalau belum tahu apa saja yang dibutuhkan untuk jatuh cinta maka rasa jatuhnya sangat menyakitkan, beda dengan yang sudah mempersiapkan segala keperluannya maka proses jatuhnnya akan terasa sedang melayang dan mendaratnya akan terasa nyaman sekali.

Sabtu, 31 Maret 2012

Hujan Tahi

Suatu pagi, ntah hari apa. Aku lupa hari dan tanggalnya, yang kuingat waktu itu aku ada kuliah jam 6:00 WIB. Seperti biasa aku berangkat kuliah 10 menit sebelum jadwal. Aku berangkat dengan jalan kaki, niatku sambil olah ragah. Ternyata di luar grimis, tapi apa boleh buat dosen tidak akan mentolerir alasan tidak masuk dikarenakan grimis. Dan juga aku kalau berangkat, sesampai di kampus kemungkinan tidak terlalu basah. Jadi kuputuskan tetap berangkat.

Di perjalanan tidak jauh dari kost'an aku melihat ada anak yang memakai seragam SD dan seorang wanita yang kemungkinan besar adalah ibu dari anak yang memakai seragam SD. Dan setelah ku dekati ternyata benar, anak tersebut memanggil wanita tersebut dengan panggilan "ibu".

Selasa, 27 Maret 2012

Ibu tidak Suka Kalau Anaknya Masuk Sejarah?

Senin 26 Maret 2012 di Pasuruan. Aku sedang bersiap hijrah ke Malang untuk mengais ilmu. Sebelum berangkat, seperti biasa aku mengecek segala keperluan yang dibutuhkan di Malang.

Setelah sudah siap untuk berangkat, aku meminta ayah untuk mengantar sampai ke Pandaan. Ibu mengantar sampai di teras rumah. Aku berpamitan ke ibu sebelum berangkat dan ayah menghidupkan motor. Sesudah kukecup tangan ibu, ibu berpesan "Jangan ikut demo loh!" karena memang akhir-akhir ini lagi musim demo. Dan demo itu wajar untuk menyempurnakan demokrasi. Dengan iseng kutanggapi pesan ibu "Kan revolusi bu!" sambil kumengepalkan tangan kiri sok jadi aktivis. Ibu dengan nada tinggi langsung menjawab

Sabtu, 10 Maret 2012

Anak Kost Perlu Dikasihani?

8 Februari 2012. Ba'da sholat ashar (kayak di film kiamat sudah dekat lagi) aku berangkat ke Blimbing ke rumah client (jangan panggil aku server!) untuk mengasihkan laptop miliknya. Aku berangkatnya pelan-pelan karena masih lama dari jam kesepakatannya. Di luar dugaan, ternyata di beberapa titik jalanannya macet. Aku mulai panik takut terlambat dari jam kesepakatan.

Jumat, 09 Maret 2012

Aku Benci Film Super Hero

Aku senang liat film action, tapi aku benci lihat film super hero. Bukan karena iri atau dengki, toh aku juga punya kekuatan super. Aku juga tidak iri karena hidup mereka difilmkan hingga membuat mereka terkenal. Bukankah super hero yang baik adalah super hero yang tidak dikenal identitasnya karena bisa menjauhkan sifat sombong pada diri super heronya?.

Rabu, 29 Februari 2012

Negeri Lapar

Di kerajaan Celenganthropus, semua orang sekarang berlomba-lomba menjadi pengusaha, politikus, dll. Mereka haus akan uang yang berlimpah, seakan-akan mereka akan bahagia kalau punya banyak uang dan ketika sudah punya banyak uang tetapi belum bahagia, maka mereka beranggapan kalau uang mereka belum cukup banyak.

Anak-anak kecil sudah tertular akan kegilaan orang-orang besar sekitarnya. Ketika ditanya ibu gurunya di sekolah tentang cita-cita mereka, mereka selalu menjawab "aku igin jadi menteri", "aku ingin jadi pengusaha", dan berbagai macam cita-cita yang sebenarnya adalah profesi orang tuanya saat itu.

Selasa, 28 Februari 2012

Tidurku Diganggu Air

Minggu 26 februari 2012  sekitar jam 12 siang di Malang. Saat sinar matahari sedang ganas-ganasnya menggigit kulit manusia, Andha megajak balik dari belaja karena sudah capek berkeliling dari pagi. Aku menolaknya karena aku tak mau kulitku merah digigit sinar matahari yang ganas. Tapi apa boleh buat, aku tetap menurut saja karena aku tidak siap berantem siang ini, capek. Setelah mengantar Andha, aku langsung balik ke kost. Aku langsung berjalan balik ke kost tanpa semangat walau sinar matahari yang ganas sedang dijinakkan oleh sang mendung.

Kamis, 23 Februari 2012

Suka Nonton Film Horor=Penakut

Kamu suka atau senang menonton film horor? Apa malah kamu hobi menonton film horor?. Jika jawabanmu 'iya', mungkin kamu adalah orang yang penakut. Jika jawabanmu 'tidak', mungkin juga kamu penakut. Bingung dengan kalimat diatas? Kalau begitu baca penjelasan di bawah ini.

Jumat, 17 Februari 2012

Melawan Virus W32/Ramnit

Sudah sekitar sebulan yang lalu komputer di rumah terjangkit virus W32/Ramnit. Selama ini aku sudah cobah dengan antivirus smadav, tapi tetap saja tidak mampu mengobati, padahal smadavnya yang terbaru-rilis bulan ini-. Sebelumnya aku kira smadav bisa menyembukan karena virus ini sudah tergolong jadul-durilis sekitar di tahun 2010-. Memang semadav mampu mendeteksi tapi tidak bisa menghapusnya.

Kamis, 16 Februari 2012

Masalah Posting

Celeng:Enaknya tiap hari posting apa seminggu sekali posting di blog ini?
Anthropus:Seminggu sekali saja, biar diseleksi dahulu tulisan hariannya.
Celeng:Kemarin kan juga berniat begitu, tapi nyatanya malah bikin malas menulis.
Anthropus:Mangkanya, jangan malas begitu.

Selasa, 14 Februari 2012

Perjalanan Pulang

Minggu 12 Februari 2012 di Malang, hari ini aku berencana pulang ke rumah karena pagi-pagi ibu sudah menelponku untuk memberitahu kalau ba'da ashar (kayak di film 'Kiamat Sudah Dekat' saja :D) ibu minta diantar ke adik yang berada di pondok. Aku berencana pulang ba'da dhuhur saja karena aku belum punya SIM (mengantisipasi bertemu polisi kalau pulang pagi).

Jam 11 aku sudah mandi dan barang-barang yang akan kubawa pulang sudah kupersiapkan. Aku hanya menunggu adzan dhuhur saja, sebenarnya bisa saja aku berangkat jam 11, dan sholat dhuhur dirumah. Karena takut diperjalanan terjadi apa-apa, lebih baik menggugurkan kewajiban sholat dahulu biar tenang tanpa pikiran.

Jam 11:45 adzan dhuhur terdengar berkumandang dari masjid-masjid di sekitar kost'an, aku bergegas mengambil wudhu. Setelah adzan selesai, aku langsung sholat dhuhur. Selesai sholat, faiq yang sedari tadi berada di kamarku memberitahuku kalau di luar hujan. Langsung aku cek ke luar, ternyata hujannya deras banget. Terpaksa kutundah kepulanganku sampai hujannya redah.

Kamis, 09 Februari 2012

Sebelum Memperogram Study Semester Depan

Capeknya mondar-mandir ke warnet demi memperogram study semester depan. Kirain bakal dimulai pas sore-sore kayak semester lalu, aku belain ke warnet sore-sore tapi setelah melihat siakad ternyata belum dibuka.

Sebelum magrib aku meminta Andha untuk mengecek'in webnya. Sehabis maghrib aku langsung buka HaPe yang berada di kamarku sambil memegang Al-Qur'an yang memang biasa kubaca sehabis maghrib. Berdebar jantungku saat membuka eSeMeS dari Andha. Dan isinya "uda, gak bisa", aku yang lagi sensitif dengan masalah pemerograman study langsung menaruh Al-Qur'an dan meluncur ke warnet yang berada di tetangga desa. Sesampai di warnet aku langsung buka siakad, dan ternyata masih belum bisa untuk pemerograman matkul. Dengan emosi aku langsung eSeMeS Andha untuk menanyakan, setelah lama eSeMes'an ternyata maksud dari kata "uda, gak bisa" adalah 'Sudah dicek'in, dan masih tidak bisa'.

Senin, 23 Januari 2012

Aku Trauma

Setelah beberapa kali aku kecelakaan waktu mengendarai motor, aku sekarang trauma banget kalau dibonceng orang mengendarai motor, apa lagi kalau dibonceng sama orang yang pintar matematika. Mending naik kendaraan umum saja dari pada jantungku copot. Mungkin pembaca bakal menilai aku berlebihan soal takut jantungku copot kalau dibonceng mengendarai motor oleh orang yang pintar matematika, dan mungkin pembaca memang tidak pernah merasakan trauma yang amat teramat dalam. Oke sekarang aku kasih tahu penyebabnya, begini:

Sabtu, 21 Januari 2012

Hidungku Pesek?

Mengaku atau tidak mengaku tetap saja hidungku memang pesek. Jujur aku memang tidak mau mengaku tapi apa daya, hampir semua orang yang kutemui bilang begitu walau aku tidak meminta pendapat mereka tentang hidungku. Sebegitu parahkah hidungku? hingga semua orang memberitahuku karena prihatin dengan hidungku yang pesek.

Senin, 16 Januari 2012

Pekerjaanku


Minggu, 15 Januari 2012

Sandaran Kursi yang Hidup

Sekitar jam 8:00 WIB, 12 Januari 2012. Aku berangkat ke Malang karena ada keperluane kampus . Pertama-tama aku jalan kaki dari rumah ke jalan raya, jaraknya lumayan bisa bikin berkeringat. Setelah sampai di jalan raya, aku menunggu angkutan ke pandaan. 

Menunggunya lumayan lama, ini karena supir angkutan tidak mau berangkat  sebelum penumpangnya yang banyak, dan karena hampir semua orang mempunyai motor maka otomatis hanya sedikit saja yang  menggunakan angkutan. Bahkan kalau tidak ada anak sekolah yang menggunakan angkutan, mungkin para supir angkutan bakal menganggur.

Jumat, 13 Januari 2012

Jangan Hanya Lihat

Minggu habis dhuhur, 8 januari 2012 di kamar tidurku. Aku yang teringat keberadaan buku "Nina van Couple" di dalam tasku, segera aku keluarkan untuk kutaruh bersama bukuku yang lainnya. Yang menumpuk tak teratur di kasur.

Kamis, 12 Januari 2012

Rumah Idamanku

Rumah idaman antar manusia berbeda-beda satu sama lain karena semua orang punya selera sendiri. Aku tak tahu bagaimana rumah idamanmu karena kamu tidak cerita padaku. Kalau kamu mau cerita soal rumah idamanmu, silahkan komentar dibawah ini atau kirim e-mail ke aku. Karena aku tidak tahu rumah idamanmu, maka kali ini aku hanya menulis soal rumah idamanku.
 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design