Jumat, 22 April 2011

Rahasia Hari Kartini

    Kemarin di Indonesia diperingati hari Kartini, hari yang dimana kalimat "emansipasi wanita" diucapkan oleh beribu-ribu atu berjuta-juta orang Indonesia. Para wanita ada yang memakai kebaya untuk memperingatinya, tapi juga ada yang memakai pakaian tiap hari. Banyak cara wanita untuk memperingatinya.

    Kenapa sih kok kalimat "emansipasi wanita" menjadi ucapan yang identik dengan hari Kartini? ini tak lain karena para wanita menuntut persamaan hak dari berbagai aspek kehidupan yang ada di Indonesia. Atau bisa dikatakan kalimat ini juga yang menandakan wanita di Indonesia selama ini merasa belum ada persamaan hak dengan pria. Jadi, dengan mengucapkannya sama saja dengan wanita minta pengakuan kalau hak wanita itu sama dengan hak pria.

    Sebagai kaum pria dulu jujur aku iri dengan hari Kartini, karena tidak adanya hari Soekarno, atau Hatta atau bapak-bapak pahlawan yang lainnya yang dimana kalimat "emansipasi pria" diucapkan. Tapi, sekarang aku telah sadari alasan tidak adanya hari yang dimana kalimat "emansipasi pria" diucapkan adalah karena  kaum pria di Indonesia merasa hak mereka tidak terancam. Jadi, tidak butuh pengakuan dari siapapun kalau hak mereka lebih tinggi dari pandangan yang selama ini ada di masyarakat.

    Mungkin lebih baik jika kalimat "emansipasi wanita" tidak perlu diucapkan tapi diganti dengan aksi nyata dari para wanita tuk menunjukkan kalau kaum wanita tidak kalah dari kaum pria atau malah lebih unggul dari kaum pria. Contohlah Cat Woman yang disetiap aksi hero-nya tidak pernah mengucapkan "emansipasi wanita".

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design