Kamis, 28 April 2011

Korek Api

    27 April 2011, kereta ekonomi dari Surabaya-Malang yang jadwalnya datang jam 16.29 terlamabat datang dengan alasan yang belum aku ketahui. Keretanya datang jam 17.45 dan berangkat sekitar jam 18.00.

    Kereta favorit orang kalangan menengah ke bawah ini penuh sesak dengan penumpang. Di jam-jam biasa banyak pedagang asongan mondar-mandir menjajahkan jualannya tapi saat ini tak ada satupun yang mondar-mandir karena tak ada jalan. 

    Aku berdiri di pintu kereta yang penuh sesak. Bisa berhasil naik kereta saja aku bersukur karena sebelumnya aku sudah tak yakin bisa naik karena gerbong 2-4 semuanya penuh sampai pintu juga. Aku naik di gerbog 5 belakang, di pintu dan lorongnya dipenuhi dengan para pria.

    Di saat kereta berjalan melewati persawahan, gelap banget rasanya. Kepalaku sesekali kudorong keluar supaya aku bisa menikmati kesunyian yang ada di persawahan. Tiba-tiba aku teringat film horor yang biasnya menampilkan kesunyian seperti ini. Kutarik kepalaku, dan kembali mendengarkan keramaian yang ada di pintu kereta.

    Di sebelah pintu yang berlawanan dengan pintu dimana aku berdiri ada orang tua, rupanya dia ingin merokok tapi tak punya korek api.

"Ada korek?" nanya ke pemuda di sebelahnya.
"mahalan mana korek sama rokok?"tanya balik pemuda sambil meminjamkan korek apinya.
"yah lihat, bagi yang punya korek mahalan rokoknya, bagi yang punya rokok mahalan koreknya" jawab orang tua tersebut.

    Memang benar kata orang tua tersebut, apa yang sudah kita miliki terasa kurang berharga dibandingkan dengan apa yang ingin kita miliki. 

"ada batangnya saja" sahut pemuda yang lain mendengar pertanyaan tersebut.
"tempat tuk menggeseknya sudah turun" sahut satpam kereta yang ada disitu. 

    Memang sebelumnya tadi ada wanita yang turun di stasiun yang sudah sebelumnya.

"halah, kamu ini kayak berani saja. Tadi ada wanita diam mulu" ejek orang tua kepada satpam kereta.
"Wkwkwkwkwkw....." seluruh orang yang ada di pintu dan lorong tertawa.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design