Jumat, 29 April 2011

Alasan Berbuat Salah

    Sebagian orang sepakat jika menjadi manusia baik itu lebih baik daripada menjadi manusia jahat. Selain mendapat pahala juga mengangkat nama baik bagi manusia yang berbuat baik. Tapi apakah semua orang bakal selalu berbuat baik? dalam kenyataannya semua manusia tidak pernah luput dari salah, jadi manusia tak selalu berbuat baik. Ini benar, tapi jangan dijadikan pegangan hidup karena bisa membuat kita selalu berbuat salah. Berusaha berbuat baik itu jelas lebih baik dari pada berusaha berbuat salah.


    Kenapa masih berbuat salah jika tahu lebih baik berbuat baik? Banyak alasan yang bisa kita temui di dunia nyata. Salah satu alasannya adalah karena keterpaksaan, ya terpaksa karena uang, perut, jabatan,  wanita, pria, dbal (dan banyak alasan lagi). Banyak cerita tentang orang tua yang rela menjadi pencuri sejenak demi kebutuhan anaknya. Tapi banyak juga yang rela berbuat salah demi nafsunya semata. Ada juga yang berbuat salah karena ada kesempatan, seperti yang selalu Bang Napi katakan. Ada orang yang rela menjadi pencuri sejenak karena ada kesempatan, mungkin pas berada di toko ada kesempatan karena kasirnya lagi tidur. Semuah kesalah pasti ada alasan dibaliknya, hanya orang-orang tertentu yang berbuat salah tapi tidak mempunyai alasan.



    Dulu waktu kecil pas ngaji sering teman-temanku nanya "kenapa pahala dan dosa manusia tidak ditampakkan saja?" pertanyaan yang di ilhami dari permainan game yang nyawa dan tenaga orang di dalam game tampak jelas. Pak ustadnya selalu menjawab "kalau pahala dan dosa itu tampak maka tidak akan ada orang yang berani berbuat salah". Mungkin saja jawaban Pak Ustad tersebut salah dimata orang yang licik, karena orang licik bisa berencana membuat pahalanya lebih 1 poin dari poin dosanya atau malah berencana membuat imbang poin-nya.



    Tuhan benar-benar hebat dalam bahasa pemerograman, Tuhan memperogram ketika kita memilih berbuat salah (yang bermacam-macam jenis kesalahannya) maka kita bakal dapat dosa dan begitu pula sebaliknya. Tuhan juga sudah menentukan resiko setiap tindakan kita walau kita berencana berbuat salah tapi ditutupi kebenaran.

    Semua orang punya sisi terang dan gelap masing-masing. Hanya yang berjiwa besar yang mempunyai keberanian tuk mengakui sisi gelapnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Website TemplatesFreethemes4all.comFree CSS TemplatesFree Joomla TemplatesFree Blogger TemplatesFree Wordpress ThemesFree Wordpress Themes TemplatesFree CSS Templates dreamweaverSEO Design